Baghasasi, Asal Usul Nama Bekasi yang Melegenda

Kota Bekasi, yang terletak di provinsi Jawa Barat, menjadi bagian tak terpisahkan dari kawasan Metropolitan Jabodetabek. Bekasi, yang kini dikenal juga dengan sebutan Kota Patriot, memiliki sejarah yang cukup legendaris dari segi asal usul namanya.

Sejarah Nama Bekasi

Asal usul nama Bekasi tak lepas dari kisah masa lalu yang terpatri dalam Prasasti Tugu. Prasasti ini peninggalan Kerajaan Tarumanegara. Dalam prasasti tersebut tertulis kata-kata baghasasi dan candrabagha yang merujuk pada nama sungai yang mengalir melalui wilayah ini.

Menurut Poerbatjaraka, seorang ahli bahasa Sansekerta dan Jawa Kuno, kata chandra bermakna bulan dan bhaga bermakna bagian. Dengan demikian, secara etimologis, kata chandrabhaga dapat diartikan sebagai bagian dari bulan.

Seiring waktu, chandrabhaga berubah menjadi bhagasasi dan sering disingkat menjadi bhagasi. Dalam pelafalan bahasa Belanda, kata ini sering ditulis sebagai bacassie, yang kemudian membawa kita pada sebutan Bekasi yang kita kenal saat ini.

Asal Usul Nama Bekasi

Bekasi Bumi Patriot

Bekasi sejatinya bukan hanya sebuah nama kota. Di dalamnya terkandung identitas dan makna mendalam. Bekasi tempo dulu penuh dengan sejarah perjuangan. Bahkan seorang penyair Chairil Anwar menulis puisi terkenalnya, Karawang - Bekasi, untuk menggambarkan semangat para pahlawan yang rela berkorban demi tanah air tercinta. Itulah mengapa Bekasi dijuluki sebagai Bumi Patriot.

Sebagai Bumi Patriot, Bekasi akan terus menjadi tempat di mana jiwa perjuangan dan semangat kebangsaan senantiasa berkobar. Termasuk warisan sejarah yang melegenda di dalamnya.

Bekasi Saat Ini

Seiring pertumbuhan dan perkembangannya sebagai kota satelit terbesar di Indonesia, Bekasi telah menjadi salah satu pusat urban yang menjadi primadona para pendatang dari luar daerah. Beragam pembangunan fisik dan infrastruktur dilakukan di setiap sudut kota.  

Pembangunan sarana jalan misalnya, yang tentunya akan terus dibutuhkan guna kelancaran transportasi warga dan mobilitas penduduk. Jumlah kendaraan yang semakin hari semakin meningkat tentunya memerlukan perbaikan dan perawatan jalan sehingga layak dilalui setiap pengendara.

Di sinilah arti penting keberadaan perusahaan maupun kontraktor yang membidangi jasa pengaspalan di Bekasi seperti Aspalindo Jaya. Berdiri sejak 2013, hingga kini Aspalindo Jaya terus berupaya menyediakan layanan terbaik di bidang konstruksi. Hal ini sebagai bagian partisipasi dan peran serta Aspalindo Jaya sebagai perusahaan kontraktor pengaspalan jalan dalam pembangunan daerah maupun nasional.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak