SEO itu Sederhana Kok

SEO itu Sederhana

SEO itu sederhana. Perbaikan pada konten dan lebih menyederhanakan blog. Kita hanya perlu menerapkan SEO natural dan lebih mementingkan kualitas artikel, serta ketepatan menggunakan kata kunci. Ditambah link yang relevan dengan blog anda, maka semua akan berjalan lebih baik untuk keperluan optimasi konten pada mesin pencari.

Mesin pencari menghendaki pergerakan yang natural, seperti membangun link alami, konten berkualitas yang dapat membangun trafik besar, dan keuntungan yang dapat diambil pada beberapa sosial media. Artinya strategi SEO sebenarnya tidak banyak berubah.

Buang jauh-jauh untuk menjadi nomor satu. Kalau hal itu terjadi anggap saja itu bonus kerja dan kamu memang layak untuk mendapatkannya. Saya hanya menjelaskan tentang asumsi dasar, memahami kebutuhan, dan strategi optimasi mesin pencari. Strategi SEO sederhana akan membuat perubahan besar pada blog atau web.

SEO sederhana itu tidak diberatkan oleh pendapat dan ide-ide yang membuat pusing. SEO hanya berbicara mengenai teknik optimasi suatu situs pada mesin pencari. 

Kita dapat berbuat sebebas-bebasnya tapi jangan kebablasan. Kebanyakan blogger terlalu memaksakan untuk berada pada tingkat pertama dalam mesin pencari. Mereka lupa tujuan dan fungsi dasar menjadi blogger. Tujuannya adalah untuk mencari dan berbagi ilmu, membuat peluang dari ide mengenai usaha, dan membangun jaringan dalam persahabatan. Ingat, walau anda tidak menempati posisi teratas dalam mesin pencari, kita masih tetap seorang blogger dan dapat mengambil keuntungan dari usaha sendiri.

Kalau kita mau menempati rangking satu dalam google, saya curiga kita ingin terkenal. Tidak ada blog yang terkenal dalam satu malam, semua pasti melalui perjalanan panjang dan melelahkan.

Banyak blogger yang tidak memahami kebutuhan. Mereka hanya bikin blog lalu mau keuntungan yang instan, termasuk mendapat uang. Saya tidak mengatakan tidak boleh atau mustahil. Sebelum anda melangkah kepada hal besar, pahami dan lakukan hal kecil terlebih dahulu. Kalau anda membuat blog tujuannya untuk jualan, maka pahami dulu apa yang dibutuhkan pasar.

Saya membuat blog penjualan benda seni budaya Kalimantan. Saya mendapat pelajaran baru dari borneo artshop. Setelah mendesainnya saya bertanya. Bagaimana cara mengoptimasi dan membangun link dari apa saya bangun. Tindak lanjutnya saya hanya menggunakan blog sebagai media promosi yang memberikan solusi kepada pembaca. Masalah pemesanan, mereka akan langsung menghubungi saya. Dengan begitu saya sudah membangun link secara langsung. Namun sebelumnya saya sudah melakukan riset apa yang dibutuhkan orang dan saya menyajikannya dalam blog. Selanjutnya adalah menjaga hubungan baik dan kepercayaan jaringan. Sekarang penghasilannya berkisar 20 sampai 30 juta per tahun. Mungkin menurut beberapa orang sedikit, tapi itu lebih penting dan lebih baik daripada saya repot mengoptimasi dan melotot di depan komputer dengan tidak ada hasilnya.

Silahkan kunjungi borneo artshop untuk melihat-lihat. Kesimpulannya, mengetahui kebutuhan itu sangat penting. Baik kebutuhan kamu dan kebutuhan pasar, serta cara memuaskan jaringan.

Strategi Optimasi

Cara optimasi masih sama seperti dulu. Hanya sekarang anda perlu fokus dan sedikit kerja keras. Berikut beberapa usaha yang perlu anda lakukan.

Bersihkan blog dari widget yang tidak berguna, termasuk terlalu banyak memasang space iklan. Hal itu akan mengakibatkan blog menjadi seperti toko dan itu tidak disenangi google. Kebanyakan seo master mambuat blog tersendiri untuk space iklan mereka dan menghubungkan blog utama menjadi landing page. Itu ide sederhana tapi jarang diperhatikan.

Jangan memasukkan script tambahan terlalu banyak, karena itu akan berpengaruh pada optimasi template. Konten yang bagus sekalipun akan tidak berguna bila tidak didukung template yang seo friendly, karena akan berakibat buruk pada perayapan robot spider untuk mengirimkan data ke mesin pencari. Dengan kata lain membuat spider bingung membaca data blog anda. Itulah sebabnya template yang seo friendly kebanyakan sederhana tampilannya.

Gunakan media sosial seperti google +, facebook, twitter, pinterest, linkedin, dan youtube untuk media informasi dan promosi dari usaha dan kegiatan anda. Saya tidak menjelaskan bagaimana cara menggunakan media tersebut, karena sudah banyak dibahas pada blog lain.

Konten yang yang baik akan membuat orang betah berada di blog anda. Dari situ anda akan mendapat pengunjung setia. Fokus agar orang mau membaca, jadi bikin artikel yang segar dan terbaru. Konten yang menarik dapat membuat pembaca puas dan suka rela akan membuat link natural ke blog anda. Keuntungannya, selain mendapat trafik bagus, anda akan mendapat link dari mereka.

Fokus pada apapun yang bisa membuat pengunjung mendarat di blog anda. Ini akan secara khusus meningkatkan kualitas situs dalam hal tampilan halaman, waktu kunjungan di situs, tingkat bouncing, dan tingkat keluar yang membuat situs anda berbobot pada mesin pencari. Ingat gunakan selalu kata kunci yang spesifik dan link yang tidak berlebihan dalam artikel. Riset saja kata kunci yang biasa dan banyak digunakan, karena akan memudahkan relatifitas kata kunci dari pencari di internet.

Gunakan saja bahasa sederhana dan santai, karena bila terlalu sulit pengunjung akan meninggalkan blog anda dengan ketidak-mengertian. Jangan bertele-tele dan buat sejelas mungkin tulisan anda, karena tulisan yang susah dimengerti akan dibenci pembaca dan mesin pencari.

Support terhadap ponsel. Jika situs anda tidak bisa diakses ponsel atau tidak support dengan baik terhadap ponsel, maka kamu kehilangan sekitar setengah dari pengunjung. Sekarang banyak pengguna mengakses web melalui ponsel. Semua serba mudah, termasuk perangkat ponsel yang dapat mengakses web dimana saja. Saran saya cari template yang responsive agar support dengan baik terhadap berbagai jenis ponsel.

Demikian penjelasan seo itu sederhana. Bukan masalah seo saja yang penting, tapi lebih kepada pemahaman kita tentang seo dan cara menggunakannya sesuai kebutuhan. Selamat mencoba dan sukses selalu. Salam sahabat blogger.